Fakta Menarik Kafein

    Kopi & Resep Kopi: Fakta Menarik Kafein

    “kopi itu seni. disajikan dalam berbagai jenis dan variasi. kopi itu sahabat sejati. menemani di pagi hari; ada di saat gundah, susah, dan bahagia; mendampingi saat larut malam, saat lembur atau nonton bola.” 

    Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.

    Fakta Menarik Kafein

    Fakta Menarik Kafein

    Kebanyakan dari kita biasanya akan merasakan sedikit lelah atau kehilangan konsentrasi setelah bekerja cukup lama atau di waktu pagi setelah bangun tidur, karena itulah kita memerlukan stimulan untuk meningkatkan mood atau mengembalikan kebugaran. Dalam keadaan yang demikian, hal yang akan segera terpikirkan adalah coffee break atau istirahat sambil minum teh.

    Benar bahwa menyeruput kopi atau teh akan mengembalikan konsentrasi dan kita cenderung merasakan lebih bertenaga dan bersemangat untuk melanjutkan aktivitas. Kekuatan mental dan kesiagaan akan diperbaiki, kita juga akan merasakan relatif jauh lebih siap untuk menyelesaikan aktivitas. Kafein bertanggung-jawab untuk revitalitas yang sementara ini.

    Suatu kesiagaan mental dan konsentrasi dapat dirasakan mengikuti tegukan kopi atau teh. Untuk alasan inilah banyak dari kita yang meminum secangkir kopi atau teh di pagi hari, yang akan menolong kita untuk pergi menuju aktifitas. Sebagai tambahan, istirahat sebentar untuk kopi atau teh di tempat kerja akan meningkatkan kesiagaan atau konsentrasi dan menolong kita melanjutkan pekerjaan.

    Kandungan kafein di dalam kopi, atau teh, yang kita minum untuk mengembalikan kesegaran diri, segera diserap usus halus ke dalam aliran darah dan dibawa ke semua organ di dalam tubuh. Sebagai hasilnya, laju denyut jantung akan dipercepat dan sistem saraf pusat mendapat rangsangan. 

    Efek lainnya, produksi asam pencernaan dan juga aliran air seni ditingkatkan, otot-otot yang mengendalikan pembuluh darah serta jaringan rongga udara dirilekskan. Inilah sebabnya revitalitas akan dirasakan dalam pikiran setelah kita meminum secangkir kopi atau teh.

    Merupakan hal yang penting agar konsumsi kafein selalu dijaga dan hendaknya tidak mengalami ketergantungan pada produk-produk berkafein untuk meningkatkan kesiap siagaan mental. Meskipun demikian kafein tidaklah sangat berbahaya pada tubuh walau berhenti mendadak dari konsumsi kafein akan menyebabkan beberapa gangguan kecil. Sebagian orang akan mengalami sakit kepala, sifat lekas marah dan simptom ini bervariasi tergantung pada seberapa berat ketergantungan pada kafein.

    Secara umum, kafein relatif tidak beracun. Jika konsumsi mencapai sekitar 80 sampai 100 cangkir kopi atau teh pada jarak yang cepat dan secara terus-menerus, barulah hal ini bisa menyebabkan keadaan yang sangat fatal. Jika tidak, kafein tidaklah berbahaya.

    Beberapa efek samping ringan akan terjadi tergantung pada waktu mengkonsumsi kafein. Proses pencernaan kafein di ujung hari akan mengakibatkan susah tidur malam, sedangkan konsumsi yang berlebihan akan menjurus pada suatu sindrom yang disebut caffeinism, yang ditandai dengan perasaan kecemasan, sifat lekas marah, sulitan tidur, urinasi berlebihan dan denyut jantung yang cepat.

    Konsumsi kafein yang ditingkatkan mungkin juga menjurus kepada kenaikan tekanan darah, dan pasien-pasien yang lebih tua penderita hipertensi dinasehatkan untuk membatasi konsumsi kopi atau teh per hari mereka.

    Konsumsi kafein secara tepat akan menolong kita untuk tetap siaga secara mental dengan konsentrasi yang baik, dan perasaan yang baik ini akan memiliki dampak yang positif pada gaya hidup kita.

    LihatTutupKomentar